Salju


web widgets

Selasa, 11 November 2014

MOTIVASI MENGIKUTI DIKLAT ONLINE GURU MELEK IT POLA 12 HARI ANGKATAN 9

Ketika saya asyik berselancar di dunia maya, tiba-tiba perhatian saya tertuju pada sebuah file digibook yang ditulis oleh Pak Sukani. Kalau tidak salah ingat buku itu berisi panduan tentang penggunaan software matematika.
Kemudian saya unduh file tersebut dan menjalankannya di PC, saya mendapati nuansa berbeda dari file tersebut. Kemudian berselang 1 atau 2 tahun kembali saya temukan profil Pak Sukani dari link blog Pak Dedi Dwitagama dan akhirnya saya temukan pengumuman tentang diklat online yang diadakan di http://e-traininggurumelekit.edu20.org. Tanpa pikir panjang saya mencoba mendaftar pada angkatan ke-9. Keinginan terbesar untuk mengikuti diklat online guru melek IT pola 12 hari ini adalah meningkatnya kompetensi dan semakin melek IT dalam penggunaannya di kelas.

Diklat Online merupakan salah satu alternatif peningkatan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan keprofesionalan. Diklat ini menembus batas ruang dan waktu, faktor geografis dan sumber daya. Ia hadir mengisi ruang-ruang kosong yang tidak dapat dijangkau dengan diklat tatap muka biasa karena keterbatasan daya muat peserta dan keterbatasan waktu serta biaya. Akses 24 jam yang dirancang dalam diklat online ini memungkinkan peserta untuk bebas memilih kapan ia mengikuti aktivitas pembelajaran secara online dan offline. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peserta dalam mengikuti diklat online guru melek IT pola 12 hari angkatan 9 antara lain:


  • jujur dan bertanggung jawab, mengingat diklat jenis sifatnya sangat mandiri maka dituntut kejujuran dan tanggung jawab
  • kemampuan mengatur waktu yang baik, guru dituntut menyeimbangkan perannya sebagai seorang guru yang melaksanakan tugas-tugas keprofesionalannya, sebagai seorang suami/istri, sebagai ayah/ibu, dan sebagai anggota masyarakat.
  • PC/Laptop dan jaringan internet yang memadai
  • dukungan keluarga, teman sejawat, dan atasan
  • motivasi yang kuat untuk menyelesaikan dengan baik seluruh aktivitas yang diberikan dalam diklat online, dan 
  • disiplin yang kuat dan aktif



Dengan memperhatikan hal-hal tersebut diatas, maka peserta diklat online InsyaAllah akan dapat mengikutinya dengan baik dan tidak perlu begadang hingga pagi.


Tidak ada komentar: